Kamis, 24 Desember 2020

Iqbal Azhari Is'ad_201011402025_Pertemuan 13 dan 14

Untuk link ppt ada dibawah ini Bu.
https://drive.google.com/file/d/15BCDyaNoaF-LjjU8B2aUDWDI2NUGIj9u/view?usp=drivesdk

PERTEMUAN I

Pengenalan komputer

Komputer berasal dari bahasa inggris yaitu COMPUTE yang berarti menghitung dan COMPUTING yang berarti mengoperasikan atau menggunakan mesin untuk melakukan proses perhitungan. Jadi pada mulanya, computer dibuat untuk melakukan proses perhitungan dan berkembang menjadi multifungsi seperti sekarang ini. Pengertian computer secara umum adalah : Seperangkat alat elektronik yang dapat menerima masukan (input dan melakukan pengolahan data (proses) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi yang berguna dan bermanfaat.

KLASIFIKASI KOMPUTER

1. Berdasarkan tujuan pemakaian

a. Special purpose
Hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada system.
Contohnya : Komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

b. General purpose
Multi problem solving
Word processing, graphic process
Contoh : PC (Personal Computer)

2. Berdasarkan data yang diubah
a. Komputer Analog
Cenderung lebih cepat
Keluaran/hasilnya berupa grafik

b. Komputer Digital ϋ Input berupa angka/huruf
Dapat menyimpan data selama masih masih dibutuhkan dalam proses
Data yang telah dimasukan dapat dikoreksi

c. Komputer Hybrid
Lebih cepat dibandingkan computer analog
Lebih tepat dari komputer digita.

3. Berdasarkan ukuran dan kemampuan
a. Microcontroller
Semua perangkatnya berada dalam satu chip
Contoh : Komputer yang digunakan pada mobil untuk megatur kestabilan mesin

b. Microcomputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk single user
Contoh : PC,NOTEBOOK

c. Minicomputer
Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai pada saat yang bersamaan dan time shared

d. Mainframe
Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan mahal.


PERTEMUAN II

CPU (Central Processing Unit)

CPU atau singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. 

Komponen cpu terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :
Control unit
Register
ALU

Didalam CPU terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsi yang saling berkaitan yaitu :
 Power supply
 Motherboard
 Hardisk
 Processor
 VGA Card
 CD Room
 Kabel data
 LAN Card (Local Area Network)
 Kabel UTP
 RAM (Random Access Memory)


PERTEMUAN III

MEMORY.

Memori adalah bagian dari komputer tempat program – program dan data – data disimpan. Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage.
Media penyimpanan data dalam computer dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

A. Memori Internal
Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Memori internal biasa terbagi dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut CACHE MEMORI, CMOS, DRAM, SDRAM, DIMM.

B. Memori Eksternal
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll.


PERTEMUAN IV

Input dan Output device
Input Device berfungsi sebagai media untuk memasukan dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input Device terdiri dari keyboard, mouse, touchpad, light pen, graphics pad, joy stick, dan Scanner. 

Output Device berfungsi untuk menampilkan data yang telah di proses oleh bagian processor, sebelumnya data di ambil oleh perangkat masukan atau input device. Output Device terdiri dari monitor, printer, speaker, headphone, proyektor, dan plotter.


PERTEMUAN V

SISTEM BILANGAN DAN KODE (1)

kesimpulannya Bilangan desimal  merupakan bilangan dengan basis atau radiks 10. Bilangan decimal juga terdiri dari 10 angka. Bilangannya yaitu, 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9, jadi terdapat 10 angka. Dari angka tersebut, artinya kita dapat menuliskan bilangan menggunakan angka-angka tersebut. Biasanya bilangan decimal ditulis seperti ini, 810. Bilangan decimal merupakan bilangan yang menggunakan sistem nilai posisi. 

Sistem bilangan terbagi menjadi 4 yaitu :
1) bilangan desimal
2) bilangan biner
3) bilangan oktal
4) bilangan heksadesimal.

Sistem kode terbagi 3 yaitu :
1) BCD (Binary Coded Decimal)
2) EBCDIC (Extended Binary Code Decimal for InformationIntercharge)
3) ASCII 7 (American Standard Code For Information Intercharge)


PERTEMUAN VI

SISTEM BILANGAN DAN KODE (2).

Sistem bilangan yang digunakan dalam sistem komputer ada 4, yaitu : bilangan desimal, bilangan biner, bilangan oktal, dan bilangan heksadesimal. Sedangkan sistem kode yang digunakan ada 4 yaitu : kode EBC, kode EBCDIC, kode ASCII dan UNICODE. Selanjutnya akan dijelaskan satu persatu. Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya.

1) Konversi dari biner ke Gray 
Setiap bilangan biner dapat diubah menjadi representasi kode Gray dengan cara seperti berikut :
• Bit pertama dari code gray sama dengan bit pertama dari bilangan biner.
• Bit kedua dari kode gray sama dengan exclusive OR dari bit pertama dan kedua dari bilangan biner ( akan sama dengan satu apabila kode biner tersebut berbeda, akan sama dengan 0 jika bit tersebut sama ).

2) Konversi dari Grey ke Biner 
Untuk mengubah dari gray ke biner diperlukan prosedure yang berlawanan dengan prosedure konversi dari biner ke gray 
• Bit biner pertama adalah sama dengan bit kode gray pertama .
• Apabila bit gray yang kedua 0, bit biner kedua sama dengan yang bertama, apabila bit gray kedua 1, bit biner kedua adalah kebalikan dari bit biner pertama .

PERTEMUAN VII

PENGENALAN SISTEM OPERASI.

SISTEM OPERASI adalah software yang bertugas untuk mengatur atau mengontrol manajemen Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, Fungsi Dasar Sistem operasi, diantaranya Sistem Operasi sebagai Extended Machine ( Perluasan Mesin ) Dan Sistem Operasi sebagai Pengelola seluruh sumber-daya. 

Penjadwalan Proses merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanise di system operasi yang berkaita dengan urutan kerja yang dilakukan system computer, yang bertugas untuk memutuskan proses yang harus dikerjakan dan berapa lama proses itu berjalan. Kriteria untuk mengukur dan optimasi kinerja penjadwalan adalah, Adil, Efisiensi, waktu tanggap, turn around time, troughput. Metode Penjadwalan dibagi dua ada non-preemptive dan preemptive.

Algoritma – Algoritma Penjadwalan :
- Non-Preemptive menggunakan konsep FIFO ( First In First Out), SJF (Shortest Job First), HRN (Highest Ratio Next), MFQ (Multiple Feedback Queues).
- Preemptive, menggunakan konsep RR (Round Robin), SRF (Shortest Remaining First), PS (Priority Schedulling), GS (Guaranteed Schedulling).


PERTEMUAN VIII

SISTEM OPERASI LINUX.

PENGERTIAN LINUX
Adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC

SEJARAH LINUX
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. 

Kelebihan Linux dibanding sistem operasi lain.
  - Open source
  - Kebal malware
  - Memiliki aplikasi bawaan yang cukup lengkap
  - Didukung oleh driver yang andal

Kekurangan sistem operasi Linux.
  - Tampilan interface yang sedikit rumit
  - Lemah jika digunakan untuk gaming
  - Beberapa versi Linux tidak cukup memiliki aplikasi bawaan


PERTEMUAN IX

PENGENALAN BASIS DATA.
Basis data menyediakan fasilitas atau memudahkan dalam memproduksi informasi yang digunakan oleh pemakai untuk mendukung pengambilan keputusan. Hal inilah yang menjadikan alasan dari penggunaan tehnologi basis data pada saat sekarang (dunia bisnis). 

Keuntungan Sistem Basis Data.
 - Terkontrolnya kerangkapan data 
 - Data dapat dipakai secara bersama (shared)
 - Dapat diterapkan standarisasi
 - Keamanan data terjamin
 - Terpeliharanya integritas data
 - Terpeliharanya keseimbangan (keselarasan) antara kebutuhan data yang berbeda dalam setiap aplikasi

Kelemahan Sistem Basis Data.
- Memerlukan tenaga spesialis 
- Kompleks 
- Memerlukan tempat yang besar 
- Mahal

ISTILAH – ISTILAH DASAR BASIS DATA.
- Enterprise
- Entitas
- Atribut (elemen data)
- Nilai Data (data velue)
- Kunci Elemen Data (key data elemen)
- Record data

Jenis-jenis pemakai basis data:
1. Basis data individual
Merupakan basis data yang telah di gunakan oleh perseorangan. 
2. Basis data perusahaan
merupakan basis data yang di maksudkan untuk dapat di akses oleh beberapa pegawai dalam sebuah perusahaan.
3. Basis data terdistribusi
merupakan basis data yang telah di simpan pada sejumblah komputer yang akan terletak pada beberapa lokasi.
4. Basis data publik
merupakan basis data yang juga dapat di akses oleh siapa saja ( Publik)


PERTEMUAN X

DASAR – DASAR INTERNET.
INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. atau bisa dikatakan Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP. 

Fungsi : Internet merupakan media komunikasi dan informasi modern.

Sejarah internet :
Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian Pertahana Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang di satu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet
Cara akses ke Internet :
1. sambungan langsung ke Network
2. sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
3. Smabungan langsung ke on-line sevice seperti BBS atau compuserve

PERTEMUAN XI

PENGENALAN KOMUNIKASI DATA.
Komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi diantara Dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peratalan dengan peralatan. 

Fungsi Sistem Komunikasi Data
1. Memberikan Informasi kepada oaring yang tepatdalamwaktu yang tepat. 
2. Memperoleh data bisnisselagi data tersebutdibuat (online) 
3. Sistem komunikasi data memungkinkan orang danbisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunukasi.

Tiga Komponen Utama
1. Sumber Komunikasi 
2. Media Komunikasi 
3. Penerima 

Multiplexter
Alat yang memungkinkan penggantian beberapa jalur transmisi kecepatan rendah dengan jalur transmi siber kecepatan tinggi. minicomputer yang berfungsisebagai front-end processor dan mainframe sebagai host. 

Topologi Jaringan Dalam Komunikasi Data
1. Topologi Ring 
2. Topologi Star
3. Topologi Bus
4. Topologi Hybrid

Osi Layer (Open System Interconnection) Terdapat 7 Lapisan dari Osi Layer yaitu :
1. Physical Layer
2. Data Link Layer
3. Network Layer
4. Transport Layer
5. Session Layer
6. Presentation Layer
7. Aplication Layer


PERTEMUAN XII

KONSEP DASAR KEAMANAN KOMPUTER.
Keamanan komputer atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Keamanan komputer bertujuan membantu pengguna agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. 

Komponen sistem Komputer :
 - Perangkat Keras (Hardware) 
   Misalnya : dari pencurian, dll 
 - Perangkat Lunak (Software) 
   Misalnya : dari serangan virus, harckres, dll 
 - Perangkat Manusia (Brainware) 
   Pembajakan tenaga kerja 
karakteristik penganggu sistem computer 
Perangkat Keras/Hardware (pencurian),  Perangkat Lunak/Software (serangan virus, harckres),  Perangkat Manusia/Brainware (Pembajakan tenaga kerja) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar